jump to navigation

Pelatihan pengelolaan perpustakaan January 19, 2009

Posted by Sakiyo in informasi kegiatan.
trackback

Pagi itu, pagi yang sangat cerah. Ketika para pengelola perpustakaan beberapa Madrasah Tsanawiyyah yang berada di wilayah Jakarta Utara datang dengan sunggingkan senyum sembari bertanya. “Betulkah ini Perpustakaan Baiturrahman?”Lalu kami selaku pengelola perpustakaan menyambut mereka dengan senyum termanis kemudian kami persilahkan mereka memasuki ruangan perpustakaan yang sederhana tapi bisa dibilang cukup tenang untuk membaca bahkan sekedar buat beristirahat.

Itulah awal hari pada tanggal 17 Januari 2009. Lembaga Publikasi dan Kepustakaan Yayasan Baiturrahman mengadakan Pelatihan Pengelolaan Perpustakaan dan Digital Library bagi para pengelola perpustakaan dan komunitas perbukuan di wilayah Jakarta Utara. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, yakni tanggal 17 sampai 18 Januari 2009.

Pelatihan tersebut dihadiri oleh perwakilan beberapa MTs, di antaranya adalah: MTsN 5, MTsN 15, MTs Al-Falah, MTs Al-Muhajirin, MTs Pluit Raya, Komunitas Pendidikan Untuk Semua, Taman Bacaan Faksi Syafa Kawijayaan, Komunitas 1001buku dan Sekolah Rakyat (SR) Ancol 1 dan 2.

Kami sangat senang sekali ketika Baiturrahman mengundang kami dalam program pelatihan pengelolaan perpustakaan ini. Semoga kegiatan ini dapat berkesinambungan. Dan Taman Bacaan-Taman Bacaan yang ada di sekitar Jakarta Utara dapat mengakses Perpustakaan Baiturrahman” ujar Dewi salah satu peserta perwakilan dari pengelola taman bacaan Faksi Syafa Kawijayaan Penjaringan.

M Khaeul Anwar, salah seorang peserta yang juga guru Aqidah Ahlak pada MtsN15 juga memberikan sambutan pada acara penutupan, ia mengatakan “ bahwa acara-acara yang berkaitan dengan bidang perbukuan, baik itu pelatihan kepustakaan, menulis, bahkan bazar kalau bisa lebih sering diadakan di yayasan Baiturrahman. Terusterang kami sangat senang sekali dan kami pikir ini waktunya terlalu singkat. Ke depan kalu bisa diadakan lebih lama lagi, agar lebih intensif”.

“Sungguh luar biasa,,,kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kami” ujar Vani Hasan salah satu peserta Pelatihan Pengelolaan Perpustakaan dan Digital Library yang merupakan perwakilan dari Komunitas Pendidikan Untuk Semua. Dan begitu banyak lagi komentar-komentar yang menyatakan kepuasan dan kebahagiaan dari para peserta pelatihan yang didominasi oleh kaum perempuan ini.

“Kegiatan ini memang sengaja kami laksanakan dalam rangka meningkatkan profesionalitas pengelola perpustakaan, sekaligus menjalin kerjasama dan membangun jejaring antara Lembaga Publikasi dan Kepustakaan Baiturrahman dengan komunitas-komunitas dan lembaga yang bergerak di bidang perbukuan” Kata Nurjamil di sela-sela wawasncara dengan team Baiturrahman.

H. Sakiyo, purnabakti PT. Pembangunan Jaya Ancol Tbk yang masih kelihatan awet muda yang saat ini menjabat sebagai ketua harian Perpustakaan Baiturrahman Jaya Ancol juga berujar “Saat ini ada sekitar 2.200 judul buku yang tersedia di Perpustakaan Baiturrahman, yang terdiri dari buku-buku agama, novel islami, ekonomi, seosial politik, teologi bahkan kami lengkapi juga dengan buku-buku tentang kewirausahaan, teknologi dan agribisnis. Kami juga memanjakan para pengunjung perpustakaan dengan fasilitas internet yang saat ini ada 7 pc yang terhubung dengan jaringan internet. Kami sangat terbuka bagi siapa saja yang hendak mendalami dan berbagi ilmu di perpustakaan ini”.

0001200010000151

0001410001600011

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: